February 22, 2024

Situasi yang dihadapi sangat serius, dan membutuhkan perhatian segera dari manajemen. Penyelesaian perselisihan pelanggan mengenai nama domain yang dijual dan dibeli, serta dugaan penyalahgunaan dana dan properti, jauh melampaui sekadar membayar biaya akreditasi yang tertunggak. Mengatasi keluhan yang ada yang dikirim ke ICANN tentang non-perpanjangan dan ketidakmampuan untuk mentransfer domain hanyalah puncak gunung es. Ini bukan solusi komprehensif dan tidak akan mencegah litigasi di masa mendatang; bahkan mungkin mengundang lebih banyak.

Pertanyaan yang perlu diajukan mirip dengan yang diajukan selama skandal Bernie Madoff: Apakah dana dari penjual atau pembeli domain disalahgunakan dan dicampur dengan pengeluaran pribadi dan bisnis? Jika keluhan ini masih ada, apakah keluhan tersebut diabaikan begitu saja agar kesepakatan ini dapat dilanjutkan?

Mengingat potensi munculnya situasi serupa, akan lebih bijaksana bagi ICANN untuk memberlakukan larangan permanen pada bisnis jual-beli nama domain. Aset yang tersisa harus ditempatkan di bawah kendali wali yang ditunjuk pengadilan dan tidak dipindahkan ke perusahaan lain untuk menghindari biaya litigasi yang tidak perlu di masa depan.

Solusi yang ideal adalah mendirikan perusahaan yang benar-benar baru, dengan lokasi baru, peralatan baru, dan manajemen baru. Tidak seorang pun dari tim yang ada harus tetap, atau berisiko menjadi transfer bermasalah yang dapat menyebabkan tuntutan hukum dan kebangkrutan segera.

Perusahaan membutuhkan CEO berpengalaman dengan kekayaan bersih dan pengalaman yang signifikan dalam transaksi bisnis, seseorang yang memahami pentingnya menjaga integritas dana nasabah. Adapun manajemen baru yang mempertimbangkan keterlibatan dalam situasi ini, akan lebih bijaksana untuk mempertimbangkan kembali.

Meskipun penting bagi bisnis untuk berhasil, beberapa pelaku jahat dapat membahayakan seluruh industri. Situasi ini merupakan masalah kompleks yang harus dihindari dengan cara apa pun. Kewajiban yang belum terselesaikan tidak akan hilang kecuali ada perjanjian penyelesaian yang komprehensif.

See also  Seorang pria menggugat GoDaddy setelah membeli domain dari seseorang yang akunnya dikunci

Pelanggan disarankan untuk mempertimbangkan alternatif seperti cloudflare.com, yang menawarkan nama domain seharga $9 tanpa markup apa pun. Ini adalah pilihan yang lebih aman dan andal daripada mempercayakan bisnis Anda ke perusahaan yang menjanjikan kesetiaan tetapi gagal mewujudkannya.

Dan sekarang, untuk catatan yang lebih ringan untuk mengakhiri wacana serius ini: Ini seperti memilih antara ibu rumah tangga yang Jujur atau Pelacur Jalanan ke-42 bernama Candy. Tentu, Candy mungkin berjanji untuk bersikap manis, tetapi Anda mungkin berakhir di kantor dokter setidaknya karena sakit gigi.

Sialan, Candy kau membohongiku lagi sekarang ambil uangku. Aku seharusnya tahu.

“Caveat Emptor” alias “pembeli berhati-hatilah”